Saran Kebijakan Forum Akademik perlu jadi Bagian dari Proses Perumusan Kebijakan

York

  • *
  • 6
  • +0/-0
    • Lihat Profil
Dubes RI London, Dr. Rizal Sukma, menegaskan bahwa mekanisme yang lebih efektif akan menjadikan saran kebijakan dari forum-forum akademik menjadi bagian dari proses perumusan yang kemudian bisa membantu proses implementasi kebijakan.

Hal tersebut disampaikan Dubes Rizal Sukma saat memberikan sambutan pada Strategic Contribution for Indonesia (SCI) 2016 yang diselenggarakan di Leeds University Business School, Inggris pada tanggal 19 Maret 2016 atas kolaborasi dari Perhimpunan Pelajar Indonesia Cabang Leeds, KBRI London, dan Bank Indonesia. Pada tahun 2016 ini, SCI mengusung tema “Rejuvenation of Indonesia's Economic Outlook by Empowering Creative Economy”.

Dubes Rizal Sukma juga menginginkan agar hasil diskusi selama satu hari penuh pada SCI 2016 tidak hanya sekedar menjadi laporan tanpa adanya tindak lanjut oleh lembaga pemerintah terkait. Dalam konteks bidang ekonomi kreatif, panitia SCI 2016 disarankan untuk mencoba sampaikan summary dan poin-poin penting dari hasil diskusi forum tersebut kepada Badan Ekonomi Kreatif RI.

Dubes RI London membuka forum seminar tersebut, yang menghadirkan 4 pembicara yaitu Bpk. Vitto Tahar (Counsellor pada Fungsi Ekonomi KBRI London), Bpk. Rachmad Imron (Pendiri perusahaan game Digital Happiness), Bpk. Eric Sasono (Co-Founder dan Editor pada 'Rumah Film' Indonesia), dan Bpk. Perry Ismangil (Co-founder dari perpustakaan berbasis multimedia Teluu for PJSIP). Seminar tersebut membahas mengenai potensi ekonomi kreatif di Indonesia dan strategi apa yang sebaiknya dilakukan untuk dapat meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian nasional.

Bpk. Vitto menjelaskan mengenai perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia pada masa lalu dan di masa yang akan datang. Sedangkan pembicara kedua, Bpk. Rachmad, menyampaikan paparan mengenai pemanfaatan ide dan kreatifitas untuk membangun sebuah bisnis dalam industri entertainment di Indonesia.

Pada sesi berikutnya, Bpk. Eric menyampaikan presentasi mengenai kontribusi industri perfilman bagi ekonomi kreatif. Selanjutnya, Bpk. Perry menyampaikan pengalamannya di Indonesia dan Inggris dalam membangun sebuah usaha yang berlandaskan ide dan kreatifitas.

SCI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2012. Untuk tahun ini, forum tersebut dihadiri oleh 65 peserta.

Sumber: http://www.indonesianembassy.org.uk/News/news_2016_03_22_SCI.html

asara90

  • *
  • 2
  • +0/-0
    • Lihat Profil
    • Bimbel
Banyak kok bisnis usaha yang bisa dibuat dengan awalan ide dan kreatifitas yang ada pada dalam diri kita, tak jarang yang sukses tersebut telah membuat cabang dan mendapatan sertifikat ISO karena memang bermutu dan berkualitas juga.
Jasa Sertifikasi ISO yang profesional dalam menangani Konsultan dan Training ISO untuk Bisnis Anda.