Sekolah Harus Latih Siswa Cara Berwirausaha

flair666

  • *
  • 2
  • +0/-0
    • Lihat Profil
    • Bina Bangsa School
Sekolah Harus Latih Siswa Cara Berwirausaha
« pada: September 02, 2017, 03:03:52 PM »
WE Online, Denpasar - Akademisi Universitas Indonesia (UI), Pribadi Setyanto mengatakan bahwa anak-anak yang duduk di bangku sekolah Menengah pertama dan atas (SMP dan SMA) hendaknya diajarkan wirausaha sejak dini untuk melatih kepekaan terhadap bidang tersebut.

"Pihak sekolah harus melatih siswa-siswi di sekolah melakukan berbagai jenis bidang usaha agar mereka mengenal jenis usaha itu," kata Pribadi Setyanto di Denpasar, Selasa (16/6/2015).

Ia mengatakan, pihak sekolah dapat memberikan semacam kurikulum yang dikemas dalam ektrakulikuler yang dapat diikuti oleh para siswa, kegiatan tersebut dapat dijalankan oleh siswa bersangkutan di luar jam belajar. "Para siswa akan memiliki aktivitas yang positif jika mendapatkan ektrakulikuler yang sifatnya positif pula, salah satunya dengan mengajarkan siswa untuk berwirausaha," ujar Pribadi Setyanto.

Pribadi Setyanto mengatakan, para siswa sebenarnya memiliki niat yang tinggi untuk menjadi pengusaha, namun, terkendala pendidik dan lahan belajar dalam bidang usaha tersebut.

"Selama ini saya mengembangkan suatu program dimana program tersebut mendidik dan mengajarkan generasi muda bisa berlatih untuk berwirausaha, mereka memiliki antusias yang tinggi dengan program-program yang kami miliki, sampai-sampai kami harus membatasi jumlah peserta," ungkap dia.

Ia mengkritisi minimnya jumlah pengusaha di Indonesia yang kurang dari dua persen, fenomena itu menunjukan bahwa niat orang Indonesia untuk menjalani bidang wirausaha masih sangat minim.

"Anak muda Indonesia mesti sadar bahwa peluang dunia wirausaha masih sangat terbuka lebar, mereka harus melihat hal ini sebagai peluang yang menjanjikan," imbuhnya.

Pribadi Setyanto yang juga Manager Student Affairs and Development Center Indonesia ini menambahkan, Indonesia perlu meniru negara-negara besar seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, dimana sebagian besar penduduknya bergerak sebagai pengusaha.

"Negara Tiongkok memiliki penduduk yang hampir 50 persen lebih berprofesi sebagai pengusaha dari kelas kecil sampai kelas paling tinggi, begitu juga Amerika Serikat, bidang wirausaha di negara itu mengalami pertumbuhan yang signifikan setiap tahunnya," demikian Pribadi Setyanto. (Ant)

Sumber: Warta Ekonomi
Bilingual Program merupakan program BBS yang menunjang siswa dapat menguasai Bahasa Asing.