Beragam Jenis Karpet Masjid Yang Perlu Anda Ketahui

frans63

  • *
  • 5
  • +0/-0
    • Lihat Profil
Beragam Jenis Karpet Masjid Yang Perlu Anda Ketahui
« pada: Oktober 26, 2018, 12:20:03 PM »
Karpet masjid adalah merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika hendak membangun sebuah masjid. Meskipun terkesan remeh, namun sebenarnya karpet masjid ini adalah salah satu elemen yang memegang peranan penting karena kegunaannya yang sangat vital. Dengan keberadaan karpet masjid, sebuah masjid akan terasa lebih nyaman dan terlihat lebih indah.


Namun, sedikit yang mengetahui bahwa sebelum memasang sebuah karpet masjid kita perlu memperhatikan motif dan jenis yang sesuai dengan desain masjid dan interiornya. Untuk itu, sebelum membeli karpet masjid maka perlu memperhatikan motifnya, karena ada juga beragam motif karpet yang di pasang di toko-toko yang jual karpet masjid Jakarta.

Beberapa jenis karpet masjid yang banyak di jual di pasaran

1.Karpet Masjid Khusus Dibuat dengan Bahan Imperial
Karpet jenis ini terbuat dari bahan nylon yang memiliki permukaan lebut dan tidak menimbulkan rasa panas. Ketebalannya bervariasi sehingga anda bisa dengan leluasa memilih ukuran ketebalan dari jenis karpet ini. Karpet dengan bahan ini akan sangat cocok jika dipasang pada sebuah masjid yang interiornya dibuat mewah, seperti masjid-masjid besar dan masjid agung.

2.Karpet Masjid Handtaff / Handmade
Karpet masjid ternyata ada yang dibuat dengan cara handcraft. Bahan dasar dari karpet handmade ini adalah acrilic atau wool dengan proses pengerjaan secara manual. Proses pengerjaannya yang urmit inilah yang menjadikan harga karpet ini cenderung mahal.

Sedangkan untuk motifnya, dapat dipesan sesuai dengan motif desain masjid itu sendiri dan juga ornamen ornamen yang ada di masjid tesebut. Untuk harga yang ditawarkan tergantung dari tingkat kerumitan desain dan ketebalan karpetnya.

Masing-masing bahan pembuat karpet ini memiliki kelebihannya masing-masing. Jika archilici warna karpet akan terlihat lebih terang namun karpet dengan bahan wool akan jauh lebih tahan api. Selain itu yang perlu diketahui adalah biasanya semakin kecil ukuran yang dipesan, justru harganya lebih mahal.

3.Karpet Masjid Meteran
Jenis karpet masjid yang satu ini sering kita jumpai di masjid masjid pada umumnya. Dari jenis bulu yang yang ditawarkan sangat bervariasi dari mulai bulu yang tipis hingga bulu yang relative lebih tebal. Karena sifatnya meteran, maka pada setiap ujung karpet ini tentu akan diobras meski banyak juga masjid yang memesan tana obras pada ujungnya.

4.Karpet Masjid Printing
Karpet ini berbahan dasar dari nylon dan memiliki ketebalan yang berbeda-beda, namun untuk motif karpetnya sendiri dibuat dengan cara diprint bukan dengan cara teknik penyulaman motif karpet seperti pad umunya

5.Karpet Masjid Yasmin Dan Nabil
Jenis karpet masjid yang satu ini memang terasa sedikit lebih panas namun cukup tebal sehingga terasa empuk dan memberikan kenyamanan bagi jamaah yang sedang melaksanakan ibadah sholat. Karakter lain dari jenis karpet ini adlaah tidak adanya pembatas antar Jemaah pada karpet bulu ini sehingga memberikan kesan mewah dan eksklusif seperti yang banyak anda temui di toko besar yang jual karpet masjid di Jakarta.