Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - flair666

Halaman: [1]
1
Berita / News / Sukses Hadapi MEA 2015 Bersama Komunitas Siswa Wirausaha
« pada: September 02, 2017, 03:13:43 PM »
Siswa Wirausaha merupakan komunitas bentukan dari SMK ITACO Bekasi. SMK ITACO Bekasi merupakan sekolah kejuruan jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk siswa pra sejahtera dan Siswa Wirausaha merupakan komunitas wirausaha siswa untuk membantu mereka memenuhi biaya pendidikannya. Gerakan ini di inisiasi oleh Susi Sukaesih, SE seorang guru yang prihatin dengan masih banyaknya anak yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang SLTA karena permasalahan biaya. Di bantu oleh beberapa orang tua asuh dan donatur, Susi memulai sekolah ini.
 
Berbekal modal beberapa komputer termasuk komputer sumbangan, selanjutnya mereka juga belajar wirausaha. Usaha pertama merka adalah mug printing. Usaha mereka kemudian bertambah yaitu jasa desain, pembuatan pin, menulis buku wirausaha, jasa entry data, jasa man power untuk event, servis komputer, admin sosial media, konten writer dan saat ini akan meluncurkan produk baru yaitu kaos anak berlabel “Pumpkidz”.

Dengan wirausaha juga, siswa dapat terus mendapatkan pendidikan formal dan tidak ada paksaan dari orang tua untuk keluar dan bekerja membantu mereka bahkan dengan wirausaha di sekolah, beberapa siswa sudah bisa membantu ekonomi keluarganya.
 
Mereka pun berusaha menyebarkan virus wirausaha ke pelajar dan masyarakat pada umumnya. Beberapa prestasi yang di peroleh antara lain Juara 2 Lomba Wirausaha dalam acara Guruku Education Festival, Juara Harapan 2 Lomba Website sekolah Kota Bekasi, Juara 1 Lomba Desain Logo Depelover Ilmu Berbagi dll.
 
Tanggal 10 Januari, komunitas Siswa Wirausaha akan mengadakan event Seminar Wirausaha bertema “Rahasia Sukses menghadapi MEA 2015”. Kegiatan ini bertujuan untuk fundrising sekaligus sarana belajar Siswa Wirausaha daam menyelenggarakan event seminar sekaligus memberi pengetahuan bagi masyarakat pentingnya mempersiapkan diri menghadapi MEA 2015.

Seminar tersebut akan laksanakan di Nicho Cafe Bekasi, dengan pemateri seperti : Budi G Sadikin (CEO Bank Mandiri), Natali Adrianto (Co-Founder Tiket.com), Laksita Utama Suhud (CEO Balai Kartini dan Penulis buku 10 Greatest Advertising Secrets), Tuhu Nugraha (Digital Marketing Expert dan Penulis buku WWW.HM Defining your Digital Strategy) dan Ibrahim Mochamad (Direktur Tuneeca).

 Info lebih lengkap mengenai seminar ini bisa dilihat di http://siswawirausaha.net

Sumber: Liputan6

2
Berita / News / Sekolah Harus Latih Siswa Cara Berwirausaha
« pada: September 02, 2017, 03:03:52 PM »
WE Online, Denpasar - Akademisi Universitas Indonesia (UI), Pribadi Setyanto mengatakan bahwa anak-anak yang duduk di bangku sekolah Menengah pertama dan atas (SMP dan SMA) hendaknya diajarkan wirausaha sejak dini untuk melatih kepekaan terhadap bidang tersebut.

"Pihak sekolah harus melatih siswa-siswi di sekolah melakukan berbagai jenis bidang usaha agar mereka mengenal jenis usaha itu," kata Pribadi Setyanto di Denpasar, Selasa (16/6/2015).

Ia mengatakan, pihak sekolah dapat memberikan semacam kurikulum yang dikemas dalam ektrakulikuler yang dapat diikuti oleh para siswa, kegiatan tersebut dapat dijalankan oleh siswa bersangkutan di luar jam belajar. "Para siswa akan memiliki aktivitas yang positif jika mendapatkan ektrakulikuler yang sifatnya positif pula, salah satunya dengan mengajarkan siswa untuk berwirausaha," ujar Pribadi Setyanto.

Pribadi Setyanto mengatakan, para siswa sebenarnya memiliki niat yang tinggi untuk menjadi pengusaha, namun, terkendala pendidik dan lahan belajar dalam bidang usaha tersebut.

"Selama ini saya mengembangkan suatu program dimana program tersebut mendidik dan mengajarkan generasi muda bisa berlatih untuk berwirausaha, mereka memiliki antusias yang tinggi dengan program-program yang kami miliki, sampai-sampai kami harus membatasi jumlah peserta," ungkap dia.

Ia mengkritisi minimnya jumlah pengusaha di Indonesia yang kurang dari dua persen, fenomena itu menunjukan bahwa niat orang Indonesia untuk menjalani bidang wirausaha masih sangat minim.

"Anak muda Indonesia mesti sadar bahwa peluang dunia wirausaha masih sangat terbuka lebar, mereka harus melihat hal ini sebagai peluang yang menjanjikan," imbuhnya.

Pribadi Setyanto yang juga Manager Student Affairs and Development Center Indonesia ini menambahkan, Indonesia perlu meniru negara-negara besar seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, dimana sebagian besar penduduknya bergerak sebagai pengusaha.

"Negara Tiongkok memiliki penduduk yang hampir 50 persen lebih berprofesi sebagai pengusaha dari kelas kecil sampai kelas paling tinggi, begitu juga Amerika Serikat, bidang wirausaha di negara itu mengalami pertumbuhan yang signifikan setiap tahunnya," demikian Pribadi Setyanto. (Ant)

Sumber: Warta Ekonomi

Halaman: [1]