Tulisan Terbaru

Halaman: 1 [2] 3 4 ... 10
11
Berita / News / Anies Teken Pergub Izinkan UKM di Rumah
« Tulisan terakhir oleh setiawan pada Mei 03, 2018, 06:38:02 PM »

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menerbitkan peraturan gubernur (pergub) yang mengatur pemberian izin Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dalam Pergub Nomor 30 Tahun 2018 tersebut juga diatur kegiatan usaha yang dilakukan di rumah.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pergub tersebut ditandatangani oleh Gubernur Anies Rasyid Baswedan sebelum melakukan kunjungan kerja ke Los Angeles, Amerika Serikat. "Kita showcase minggu depan. Sabar saja. Tapi pergubnya alhamdulilah sudah ditandatangani oleh Pak Anies sebelum dia pergi ke Amerika," ujarnya di Jakarta Selatan, Rabu (2/5).

Menurut Sandiaga, izin untuk usaha rumahan akan diterbitkan oleh kelurahan. Namun, ia mengakui banyak kelurahan masih belum siap melaksanakan pergub baru ini. Oleh karena itu, pergub itu akan mulai disosialisasikan ke kelurahan-kelurahan di DKI. "Banyak kelurahan yang belum siap mulai," ujar dia.

Ada beberapa hal yang diatur dalam pergub tersebut, di antaranya, jumlah karyawan hingga luas lahan yang digunakan untuk aktivitas usaha. Dalam pasal 3 ayat b disebutkan, pergub tersebut mengatur UKM yang berbentuk badan usaha dan nonbadan usaha/perorangan berlokasi di daerah dan merupakan UKM binaan perangkat daerah sesuai bidang usahanya.

Pergub tersebut juga mengatur UKM yang melakukan kegiatan usaha di lokasi usaha menetap atau berkeliling. Lokasi usaha menetap memiliki tempat kegiatan berbentuk bangunan permanen/semipermanen dengan batasan luas lantai paling luas 100 m2 (seratus meter persegi) dan lokasi usaha berkeliling hanya melaksanakan aktivitas usahanya di lokasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai peraturan perundang-undangan. Diatur pula UKM sebagai kegiatan aksesori penunjang kegiatan utama, yang melakukan usaha di rumah paling luas 30 meter persegi atau 20 persen dari luas kavling.

Adapun kriteria modal UKM untuk memperoleh izin UKM adalah memiliki modal usaha maksimal di luar tanah dan bangunan Rp 500 juta dengan omzet maksimal Rp 2,5 miliar (dua miliar lima ratus juta rupiah) dan memiliki jumlah tenaga kerja maksimal 19 orang. Izin diberikan sesuai dengan bidang usaha dan kegiatan usahanya.

Salah satu lokasi yang diizinkan bagi UKM adalah yang melakukan kegiatan usaha produksi dan/atau perdagangan barang/jasa sebagai kegiatan aksesori pada kegiatan utama rumah sesuai dengan zona atau subzona perumahan. Menurut Sandiaga, jika industri rumahan tidak diatur, akan menimbulkan kesemrawutan di Jakarta.

Pergub tersebut juga merupakan upaya untuk mendukung program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE). Sandi menginginkan UKM di DKI dapat tumbuh menjadi perusahaan besar.

"Akan masuk sebagai usaha pertama dari UKM tersebut dan ini kita dorong diperbolehkan untuk udaha di rumah sendiri. Kita tau Apple, Nike, Microsoft, semua juga mulainya dari rumah," ucapnya.

Sandi menambahkan, saat ini sudah terdapat 31.600 orang yang mendaftar OK OCE untuk mendapat bantuan usaha. Program OK OCE dinilai dapat menanggulangi pengangguran yang menjadi salah satu permasalah di Jakarta.

"Harapan saya tahun pertama target 40 ribu ini akan kita pecahkan dan saya pernah janji juga Insya Allah bisa kita beri apresiasi bagi pendaftar ke-40 ribu," tuturnya.
12
Sekarang e-commerce memang lebih disenangin oleh masyarakat sih..
Soalnya lebih mudah dalam menyampaikan atau mempromosikan produk/jasa dengan menggunakan toko online kayak gini, dan untuk penjual juga ga perlu repot-repot untuk cari tempat jualan. Saya aja dulu buka usaha karena butuh modal yang lumayan, mau ga mau gadai aset, untungnya balik modal karena selain jualan di tempat, saya juga ada e-commerce.

Untuk pameran kayak gini, di tahun 2018 ada lagi ga, ya?
13
Pakaian Wanita / Re:Quilting, Kerajinan Kain Perca Yang Berharga Mahal
« Tulisan terakhir oleh giovanodst pada Mei 03, 2018, 04:23:12 PM »
Kalau memang telaten dan memang bisa atau ada kemauan dibidang kerajinan, kayaknya bisa nih buka usaha kayak gini...
Apalagi memang kain perca masih banyak peminatnya  ;D

Udah gitu memang kalau soal teknik quilting, kayaknya memang harus belajar sama yang ahlinya atau otodidak (usaha pemahamannya harus lebih keras haha) agar lebih paham.
14
Beranda / Re:Ini yang disebut dengan UMKM
« Tulisan terakhir oleh giovanodst pada Mei 03, 2018, 04:09:27 PM »
Sekarang udah banyak yang buka usaha UMKM gini sesuai dengan passionnya sendiri...
Apalagi sekarang usaha mikro aja bisa dibantu juga sama pemerintah untuk pembuatannya, sehingga masyarakat lebih bisa mandiri dengan usaha yang dibangunnya.
Kalaupun modal belum cukup, mungkin bisnis kecil-kecilan lewat online atau pinjaman dana juga bisa sih. Tapi memang kalau mau buka usaha yang tidak terlalu pusing mikirin tempat, ya jualan lewat medsos.
15
Berita / News / Re:Fasilitas Pembiayaan Ekspor dan Dana Bergulir UMKM
« Tulisan terakhir oleh dilan29 pada April 26, 2018, 05:24:22 PM »
Oleh M. Z. Abidin, pegawai Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI*

Data BPS tahun 2012 menyebutkan jumlah UMKM sebanyak 56,5 juta unit atau tumbuh 15,3 persen dari tahun 2006 yang sebanyak 49 juta unit. Kontribusi UMKM dalam pembentukan PDB tahun 2012 meningkat 46 persen atau menjadi sebesar Rp1.505 triliun dibandingkan Rp1.032 triliun pada tahun 2006.

Sejak tahun 2009, setelah pemerintah membentuk LPEI, pembiayaan diberikan baik secara konvensional maupun berdasarkan prinsip syariah kepada korporasi dan UKM. Data BPS menunjukkan nilai ekspor UMKM tahun 2012 tercatat tumbuh 28,2 persen sebesar Rp208 triliun dari tahun 2009 yang sebesar Rp162,2 triliun. Selanjutnya pada tahun 2015, pemerintah mengalokasikan dana sebagai tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada LPEI sebesar Rp1 triliun. Nota Keuangan APBN 2015 menyebutkan salah satu tujuan PMN kepada LPEI adalah untuk meningkatkan kapasitas LPEI dalam memberikan pembiayaan berorientasi ekspor kepada sektor UKM.

Selain melalui program KUR dan LPEI, dukungan Pemerintah terhadap sektor UMKM tercermin dalam alokasi APBN 2015 melalui alokasi dana bergulir. Kebijakan dana bergulir tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2008 untuk penguatan modal bagi Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (KUMKM). Nota Keuangan APBN 2015 menyebutkan dana bergulir telah direalisasikan sebesar Rp4.567,7 miliar kepada 570.350 KUMKM serta menyerap kurang lebih 1.140.700 tenaga kerja.

Sumber

Harusnya gak hanya pembiayaan ekspor dan dana bergulir saja, tapi juga hal-hal lain yang dapat membantu kelancaran dan keberlangsungan UMKM tersebut. Jadi tidak setengah-tengah hehe soalnya UMKM di Indonesia lumayan berkembang dan jadi salah satu mata pencaharian masyrakat.

Bener nih kata si Mas-nya.
Bisa juga buat bantu promosiin para pengusaha UMKM tersebut supaya usahanya lebih bisa terkenal dan bisa narik pelanggan baru juga kan nantinya
16
Berita / News / Re:Sekolah Harus Latih Siswa Cara Berwirausaha
« Tulisan terakhir oleh dilan29 pada April 26, 2018, 05:18:11 PM »
Sekarang udah banyak beberapa yang sekolah sampe bikin iklan dari poster sampe brosur (biasanya kalo buat pendaftaran murid baru) dikasih tau kalau lulusan situ (terutama untuk SMK) biasanya diharapkan bisa buat buka/punya usaha sendiri setelah lulus
17
Berita / News / Re:PT KAI Buka Gerai UMKM di Stasiun Gambir
« Tulisan terakhir oleh dilan29 pada April 26, 2018, 05:16:04 PM »
Saya baru tau kalau ternyata di Stasiun Gambir udah ada gerai UMKM...
Kayaknya bagus nih kalau semisalnya kalau ada buka gerai UMKM gini diiklanini atau diinformasiin lebih banyak lagi ke khalayak, supaya banyak yang berminat buat buka usaha sendiri  ;D
18
Travel / Re:Paket Outbound Team Building Taman Wisata Matahari
« Tulisan terakhir oleh dilan29 pada April 26, 2018, 05:14:12 PM »
Wah kalau ngomongin outbound, kayaknya saya udah lama banget ga ikut kegiatan outbound kayak gini...
Waktu itu sempet liat iklan billboard soal promo outbound gini di salah satu tempat wisata di Bandung dan pengen ikut, sayangnya pas booking lagi full wkwk
19
Berita / News / Re:Depok akan Sediakan 400 Kios untuk UKM
« Tulisan terakhir oleh leotbar pada April 25, 2018, 01:50:19 PM »
Banyak juga ya kios yang disediakan untuk UKM gini...
Program penyediaan lahan untuk berjualan kayak gini semoga bisa terus dijalankan sehingga bisa berdampak positif untuk para usaha UKM
20
Berita / News / Re:Asosiasi Dukung Pelaku UMKM Go Online
« Tulisan terakhir oleh leotbar pada April 25, 2018, 01:26:22 PM »
Kayaknya bagus nih kalau semisalnya UMKM sekarang bisa akses online untuk mempromosikan produknya ke khalayak banyak...
Hanya saja mungkin perlu sosialisasi lagi kepada pihak UMKM untuk supaya cepat menggunakan media online...
Dengan adanya e-commerce, penjualan akan lebih mudah selam bisa update, saya aja jualan cetak kaos sama totebag dengan menggunakan e-commerce agar lebih bisa dikenal masyarakat kalau semisalnya searching di google atau di web ecommerce tertentu  ;D
Halaman: 1 [2] 3 4 ... 10