Forum online Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah - UMKM

Wira Usaha => Properti => Topik dimulai oleh: uno411 pada Pebruari 25, 2018, 10:20:31 AM

Judul: Tips Memilih Kontraktor Interior
Ditulis oleh: uno411 pada Pebruari 25, 2018, 10:20:31 AM
Kontraktor bisa disamakan dengan orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang di kontrak atau di sewa untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek yang merupakan instansi /lembaga pemerintahan, badan hukum, badan usaha, maupun perorangan, yang telah melakukan penunjukan secara resmi Berikut aturan-aturan penunjukan, dan target proyek ataupun order/pekerjaan yang di maksud tertuang dalam kontrak yang di sepakati antara pemilik proyek (owner) dengan kontraktor pelaksana. Wilayah bidang usaha kontraktor sebenarnya sangat luas,dan setiap kontraktor memiliki fokus usaha dan spesialisasi di bidangnya masing-masing misalnya :

Kontraktor bangunan penyedia jasa pelaksana kontruksi

Kontraktor bidang jasa interior design

dll

Sesuai dengan judul, disini kita hanya akan membahas tentang kontraktor interior. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih kontraktor interior, karena untuk mendapatkan hasil yang terbaik, harus dikerjakan oleh yang terbaik juga.

1. Portofolio
Semua kontraktor interior pasti mempunyai portofolio, baik berupa gambar desain ataupun berupa desain jadi. Alangkah baiknya juga jika kita bisa melihat perbandingan antara gambar desain dan foto desain jadi nya. Untuk mengetahui seberapa mirip antara desain dan pelaksanaannya. Tidak lucu juga pastinya kalau kita mendapati desain dan foto  jadi berbeda terlalu jauh. Ini patut dipertanyakan, apakah si kontraktor mampu mengaplikasikan desain ke dalam pelaksanaan?

2. Alamat Kantor/Workshop/Showroom
Ini yang paling penting, jika kita mengetahui dengan jelas alamat kantor dan juga workshopnya, akan memudahakan kita untuk melakukan pengecekan pada saat produksi. Bagaimanapun, hal ini penting untuk dilakukan untuk sekedar memastikan kualitas bahan sesuai atau tidak dengan isi kontrak yang diberikan. Hal ini juga akan memudahkan kita jika ada permasalahan pada nantinya. Kita akan dengan mudah untuk menyelesaikan permasalahan karena kita mengetahui tempatnya berada.

3. Pelayanan
Perhatikan juga pelayanan yang diberikan, apakah pada saat kita bertanya mereka menjawab dengan antusias atau menjawab "sekenanya". Ini untuk membuktikan apakah mereka respek ataupun menghargai kita sebagai konsumen. Jika dari segi pelayanan diawal saja buruk, bagaimana dengan pelayanan jika kita komplain kepada mereka? Terutama pada saat tahap desain sedang berjalan, mungkin ada beberapa kontraktor yang tidak mengenakan tarif pada tahap ini, tapi apakah anda percaya sesuatu yang gratis itu bisa mendapat hasil yang baik? Semua pasti ada harganya, berapapun itu. Mungkin ini lebih ke menarik minat konsumen diawal, tapi apa jadinya jika kita belum menemukan desain yang pas untuk rumah kita? bahkan sampai melalui bekali-kali revisi. Kemungkinan anda akan ditinggal begitu saja oleh mereka, buang-buang waktu bukan? Berbeda jika diawal pertemuan sudah dijelaskan, berapa biaya untuk desain, berapa lama desainnya dll.

4. Kualitas desain
Pastikan anda mendapatkan desain yang terbaik!!!
Karena anda adalh pembelinya, apakah anda mau interior rumah anda tidak ditata dengan desainer profesional? menata ruangan secepatnya dan sekedarnya. Bukan kecepatan yang paling penting dari mendesain ruangan, tapi adalah kualitas desain itu sendiri, penataan ruang, pemilihan furniture, pemilihan warna, konsep, refrensi, dll.

5. Perijinan
Saya pikir ini bukanlah yang terpenting, tapi perlu juga untuk disampaikan. Bagaimanapun juga menggunakan kontraktor yang mempunyai ijin resmi akan merasa lebih nyaman da aman. Karena mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk dari segi perijinan.
Tapi dalam beberapa hal, kontraktor perorangan juga tidak kalah kualitas dari kontrktor yang mempunyai ijin resmi.

6. Kontrak pelaksanaan
Lihatlah isi detail dari kontrak pelaksanaan pekerjaan interior rumah anda, mulai dari spesifikasi bahan/material, detail ukuran furniture/gambar kerja, cara pembayaran, pekerjaan tambah dan kurang hingga penyelesaian masalah. Mintalah revisi kontrak jika ada yang kurang sesuai dengan pemahaman anda. Ini penting, karena jika tidak tercantum dengan jelas maka akan dengan mudah mereka merubah spek yang sudah disepakati tapi tidak ada di dalam kontrak. Dan juga akan timbul keambiguan dalam proyek tsb, karena semuanya tidak tertulis dengan jelas.


Ada satu hal lagi yang tidak bisa dicantumkan dalam tulisan ini, itu adalah kepercayaan...,untuk beberapa orang, akan mudah melihat kakakter dari seseorang, tapi untuk beberapa orang membaca karakter adalah hal yang sulit. Bagaimanapu juga ini penting. Lihatlah cara bicaranya, pembawaannaya, apakah to the point ataukah berbelit-belit dll.

Itulah beberapa tips untuk memilih kontraktor interior pengalaman dari BlogdesainTips. Mungkin jika ada kekurangan bisa ditambahkan di kolom komentar, akan segera kami evaluasi.

Terima kasih, dan Salam Sukses!!!

Sumber: srengengeinterior